Setiawan, Dhea Rizkia (2024) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE PADA APLIKASI JAKSEHAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KECAMATAN TAMBORA TAHUN 2024. Other thesis, STIKES RS HUSADA.
![[thumbnail of COVER.pdf]](http://repository.stikesrshusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Restricted to Registered users only
Download (494kB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](http://repository.stikesrshusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (607kB)
![[thumbnail of BAB 2.pdf]](http://repository.stikesrshusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (204kB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](http://repository.stikesrshusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](http://repository.stikesrshusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (655kB)
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](http://repository.stikesrshusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB)
![[thumbnail of BAB 6,7,8.pdf]](http://repository.stikesrshusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 6,7,8.pdf
Restricted to Registered users only
Download (295kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.stikesrshusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](http://repository.stikesrshusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi bidang kesehatan khususnya Puskesmas mempunyai peran penting untuk meningkatkan mutu pelayanan. Penerapan model inovasi baru tidak semua berjalan dengan baik masih ditemukan beberapa masalah pada sistem registrasi online seperti kuota pasien sudah penuh, serta respon sistem yang lambat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan pendaftaran online pada aplikasi JakSehat dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kecamatan Tambora tahun 2024. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang menggunakan aplikasi online dengan sampel berjumlah 170 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi tangibles dengan kategori baik 95,9% dan kurang baik 4,1%, dimensi reliability dengan kategori baik 94,1% dan kurang baik 5,9%, dimensi responsiveness dengan kategori baik 95,3% dan kurang baik 4,7%, dimensi assurance dengan kategori baik 44,7% dan kurang baik 55,3%, dimensi empathy dengan kategori baik 84,7% dan kurang baik 15,3%. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan kualitas pelayanan antara tangibles, reliability, responsiveness dan empathy dengan kepuasan pasien Puskesmas Kecamatan Tambora Tahun 2024 dengan nilai P Value < 0,05. Sedangkan untuk kualitas pelayanan dimensi assurance tidak ada hubungan dengan kepuasan pasien karena nilai P Value > 0,05. Peneliti menyimpulkan adanya hubungan kualitas pelayanan pendaftaran online pada aplikasi JakSehat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kecamatan Tambora Tahun 2024. Pendaftaran online dapat memudahkan pasien serta mampu mendukung kegiatan puskesmas pada proses pendaftaran dan juga terbukti mempunyai kemampuan untuk mengurangi waktu tunggu dan akan meningkatkan kepuasan pasien.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pendaftaran Online, Kepuasan Pasien
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Sarjana Administrasi Kesehatan |
Depositing User: | Dhea Rizkia Setiawan |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 03:56 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 03:56 |
URI: | http://repository.stikesrshusada.ac.id/id/eprint/2311 |