Pelayanan Rawat Jalan Dengan Sistem Pendaftaran Berbasis Online Di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi

Naufal, Hanif Zain (2025) Pelayanan Rawat Jalan Dengan Sistem Pendaftaran Berbasis Online Di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi. Other thesis, STIKES RS HUSADA.

[thumbnail of Cover.pdf.pdf] Text
Cover.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf.pdf] Text
BAB 1.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf.pdf] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[thumbnail of BAB 6_7_8.pdf] Text
BAB 6_7_8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah sistem pelayanan kesehatan dengan menghadirkan pendaftaran pasien online yang memudahkan akses dan meningkatkan efektivitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara kualitas sistem pendaftaran berbasis online dengan efektivitas pelayanan rawat jalan BPJS di Rumah sakit Islam Jakarta Pondok Kopi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif cross sectional study dan pengambilan sampel menggunakan non-probabilty (non-random sampling) purposive sampling dengan total 130 responden, analisis data dilakukan melalui metode SPSS 27. Hasil menunjukkan bahwa sistem online memiliki kualitas yang baik berdasarkan mayoritas responden 60%. Sementara itu, efektivitas layanan menunjukkan bahwa 53,8% responden menyatakan layanan tersebut efektif. Selain itu, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi flexibility dan integration dengan efektivitas layanan. Namun, terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi the realibility, accessibility, dan respon time dengan efektivitas layanan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas sistem pendaftaran online secara signifikan mempengaruhi efektivitas layanan, terutama dalam hal realibility, accessibility dan respon time. Untuk mencapai efektivitas layanan yang optimal, perbaikan berkelanjutan dalam flexibility dan integration sangatlah penting. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan sistem pelayanan kesehatan yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan pasien.

Kata Kunci : Kualitas Sistem, Efektivitas Pelayanan, Rumah sakit

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Sarjana Administrasi Kesehatan
Depositing User: Hanif Zain Naufal
Date Deposited: 08 Aug 2025 07:47
Last Modified: 08 Aug 2025 07:47
URI: http://repository.stikesrshusada.ac.id/id/eprint/3522

Actions (login required)

View Item
View Item