HUBUNGAN SISTEM ADMINISTRASI PENDAFTARAN MENGGUNAKAN SIMRS DENGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI RS PATRIA IKKT TAHUN 2025

Kholis, Khoiri Nur (2025) HUBUNGAN SISTEM ADMINISTRASI PENDAFTARAN MENGGUNAKAN SIMRS DENGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI RS PATRIA IKKT TAHUN 2025. Other thesis, STIKES RS HUSADA.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[thumbnail of BAB 6,7,8.pdf] Text
BAB 6,7,8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan yang lama menjadi indikator kurang optimalnya sistem administrasi rumah sakit. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dirancang untuk meningkatkan efisiensi administrasi, namun dalam praktiknya masih ditemukan keluhan terkait lamanya waktu tunggu pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sistem administrasi pendaftaran menggunakan SIMRS dengan waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan di RS Patria IKKT tahun 2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain analitik cross-sectional. Sampel berjumlah 100 responden pasien rawat jalan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji Chi-Square dan korelasi Spearman untuk melihat hubungan antara variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan SIMRS di RS Patria IKKT berada dalam kategori baik. Dengan analisa korelasi spearman tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas sistem (p=0,281), kualitas informasi (p=0,910), namun dengan uji chi-square terdapat hubungan yang signifikan pada kualitas layanan (p=0,001) dengan waktu tunggu pelayanan. Penerapan SIMRS di RS Patria IKKT berkontribusi dalam mempercepat proses administrasi dan mengurangi waktu tunggu pelayanan rawat jalan. Namun, pada kualitas layanan perlu ditingkatkan agar hasil yang diperoleh lebih optimal.
Kata Kunci: SIMRS, sistem administrasi, waktu tunggu, rawat jalan, kualitas layanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Sarjana Administrasi Kesehatan
Depositing User: Khoiri Nur Kholis
Date Deposited: 14 Oct 2025 08:42
Last Modified: 14 Oct 2025 08:42
URI: https://eprints.stikesrshusada.ac.id/id/eprint/3557

Actions (login required)

View Item
View Item