Putri, Alifiani Dewintha (2025) HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DENGAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DI RS X JAKARTA TIMUR TAHUN 2025. Other thesis, STIKES RS HUSADA.
COVER.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (373kB)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (385kB)
Bab 6,7,8.pdf
Restricted to Registered users only
Download (799kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (363kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstract
Kualitas layanan elektonik SIMRS yang baik diharapkan dapat membuat kinerja SDM yang ada di Rs X Jakarta Timur bekerja secara optimal. Kualitas sistem informasi yang tidak baik akan berdampak pada output kerja dari SDM, karena seluruh penginputan informasi atau data sudah dilakukan secara digital, maka dari itu kualitas sistem yang ada di RS X Jakarta Timur harus menyesuaikan kebutuhan rumah sakit, pasien, SDM, serta pemangku kepentingan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Teknik penentuan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah responden sebanyak 53 orang yang merupakan SDM penginput ataupun pengolah di Sistem Informasi Manajemen RS X Jakarta Timur. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji korelasi spearman untuk mengukur hubungan antara variabel kualitas sistem informasi dengan variabel kinerja SDM dan melihat hubungan antara indikator dari variabel kualitas sistem dengan kinerja SDM. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut saling berhubungan dengan tingkat korelasi tinggi sebesar 0,700 dengan p-value sebesar 0,01. Hasil data yang ada menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi manajemen berhubungan positif dan signifikan secara statistik dengan kinerja sumber daya manusia. Hasil penelitian dari melihat hubungan antara indikator kualitas sistem dengan kinerja SDM memperlihatkan adanya hubungan 3 dari 4 indikator dengan kinerja SDM. Indikator tersebut yaitu fleksibilitas sistem, integritas sistem, dan waktu respon. Saran dari hasil penelitian ini yaitu pihak RS
X Jakarta Timur dapat melakukan peningkatan kualitas sistem kembali agar sistemnya lebih maksimal dan menyediakan pelatihan untuk SDM, selain itu hasil yang kurang memuaskan di dalam penelitian ini dapat dijadikan bahan evaluasi
dan perbaikan oleh RS X Jakarta Timur.
Kata Kunci : Kualitas Sistem, Kinerja SDM, Rumah Sakit, SIMRS
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
| Divisions: | Sarjana Administrasi Kesehatan |
| Depositing User: | Alifiani Dewintha Putri |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 01:46 |
| Last Modified: | 06 Oct 2025 01:46 |
| URI: | https://eprints.stikesrshusada.ac.id/id/eprint/3716 |
