HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KECAMATAN SAWAH BESAR

FATIMAH, SITI (2025) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KECAMATAN SAWAH BESAR. Other thesis, STIKES RS HUSADA.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[thumbnail of BAB 6,7,8.pdf] Text
BAB 6,7,8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (8MB)

Abstract

Sistem layanan kesehatan terkini menekankan kualitas pelayanan melalui pencapaian standar profesional dan pemanfaatan sumber daya yang efisien. Kepuasan pasien menjadi indikator penting yang berdampak tidak hanya pada individu pasien, tetapi juga pada reputasi dan keberlanjutan fasilitas kesehatan. Kepuasan pasien berdasarkan rasa puas yang dialami oleh pasien jika kinerja dari pelayanan kesehatan mempunyai hal yang melebihi harapan berdasarkan perasaan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kecamatan Sawah Besar dan mengetahui dimensi ketersediaan (availability), ketanggapan (responsiveness), kenyamanan (convenience), tepat waktu (timeliness) dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kecamatan Sawah Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif Cross Sectional dengan jumlah sampel sebanyak 202 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa p < 0,001 untuk mutu pelayanan, p < 0,001 untuk ketersediaan (availability), p < 0,001 untuk ketanggapan (responsiveness), p < 0,001 untuk kenyamanan (convenience), dan p < 0,001 untuk tepat waktu (timeliness). Penelitian ini menjelaskan mayoritas mengatakan pelayanan kesehatan sesuai terhadap keempat dimensi ini dan merasa puas terhadap Puskesmas Kecamatan Sawah Besar. Sebaiknya Puskesmas Kecamatan Sawah Besar mempertahankan kualitas pelayanan yang ada.

Kata Kunci : Kualitas; Pelayanan; Puskesmas; Kepuasan; Pasien

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Sarjana Administrasi Kesehatan
Depositing User: Siti Fatimah
Date Deposited: 02 Oct 2025 03:48
Last Modified: 02 Oct 2025 03:48
URI: https://eprints.stikesrshusada.ac.id/id/eprint/3548

Actions (login required)

View Item
View Item