Zain Naufal, Hanif (2025) PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN SISTEM PENDAFTARAN BERBASIS ONLINE DI RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA PONDOK KOPI. Other thesis, STIKES RS HUSADA.
COVER.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (495kB) | Request a copy
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (807kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (532kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (636kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (841kB) | Request a copy
BAB 6_7_8.pdf
Restricted to Registered users only
Download (896kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (616kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah sistem pelayanan kesehatan
dengan menghadirkan pendaftaran pasien online yang memudahkan akses dan
meningkatkan efektivitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur
hubungan antara kualitas sistem pendaftaran berbasis online dengan efektivitas
pelayanan rawat jalan BPJS di Rumah sakit Islam Jakarta Pondok Kopi. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif cross sectional study dan pengambilan sampel menggunakan non-probabilty (non-random sampling) purposive sampling dengan total 130 responden, analisis data dilakukan melalui metode SPSS 27. Hasil menunjukkan bahwa sistem online memiliki kualitas yang baik berdasarkan mayoritas responden 60%. Sementara itu, efektivitas layanan menunjukkan bahwa 53,8% responden menyatakan layanan tersebut efektif. Selain itu, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi flexibility dan integration dengan efektivitas layanan. Namun, terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi the realibility, accessibility, dan respon time dengan efektivitas layanan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas sistem pendaftaran online secara signifikan mempengaruhi efektivitas layanan, terutama dalam hal realibility, accessibility dan respon time. Untuk mencapai efektivitas layanan yang optimal, perbaikan berkelanjutan dalam flexibility dan integration sangatlah penting. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan sistem pelayanan kesehatan yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan pasien.
Kata Kunci : Kualitas Sistem, Efektivitas Pelayanan, Rumah sakit
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine T Technology > TP Chemical technology |
| Divisions: | Sarjana Administrasi Kesehatan |
| Depositing User: | Hanif Zain Naufal |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 03:28 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 03:28 |
| URI: | https://eprints.stikesrshusada.ac.id/id/eprint/3686 |
